Biak (ANTARA News) - Warga Kabupaten Biak Numfor, para pelajar dan mahasiswa serta anggota TNI/Polri dan PNS, memperingati upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-104 di Kantor Bupati Biak, Senin.

Upacara Harkitnas dipimpin Bupati Yusuf Melianus Maryen dihadiri juga Panglima Komando Sektor IV Pertahanan Udara Nasional Marsma TNI Deddy Nita Komara serta para Forum Musyawarah Pimpinan Daerah dan pejabat sipil di wilayah itu.

Peringatan Harkitnas 2012 mengangkat tema `Dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional, kita tingkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berkarakter, damai dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera.`

Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen mengatakan, generasi terdahulu berjuang melawan penjajah ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

"Sedangkan perjuangan generasi sekarang berjuang melawan kemajuan teknologi," kata Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen.

Dia berharap, generasi muda mencontoh sikap patriotisme pejuang terdahulu mau berjuang tanpa pamrih dan siap mati untuk kemajuan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Maryen mengingatkan nilai-nilai kebangkitan nasional yang telah digagas pejuang terdahulu harus diamalkan dalam kehidupan bernagsa, bermasyarakat dan bernegara.

Pascaupacara bendera peringatan Harkitnas ke-104 tingkat kabupaten Biak Numfor, dilanjutkan ziarah ke taman makam pahlawan Cenderawasih.
(M039)
Editor: Aditia Maruli